Seni Rupa KelasX

RPP SENI RUPA KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               :    SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran                        :    Seni Rupa
Kelas/Semester                        :    X/1
Tahun                                      :    2010 – 2011
Alokasi Waktu                        :    4 x 45 menit

I.                   Standar Kompetensi                   :                                                                                        1. Mengapresiasi karya seni rupa
II.                Kompetensi Dasar                       :                                                                                             1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasn teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
III.             Indikator
No.
Indikator
Nilai Karakter
1
Mendeskripsikan  pengertian seni
Rasa ingin tahu
2
Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat secara lisan/tertulis berdasar kan sejarahnya
Kerja keras
3
Membuat peta konsep tentang cabang-cabang seni
Kreatif
4
Menjelaskan karya seni terapan daerah setempat berdasarkan fungsi

5
Membedakan bentuk-bentuk seni rupa terapan daerah berdasarkan sosial masyarakat

6
Menjelaskan karya seni rupa terapan daerah setempat                ( Banyuwangi )  secara lisan atau tertulis berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya


IV.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat  :
·         Mendeskripsikan  pengertian seni
·         Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat secara lisan/tertulis berdasar kan sejarahnya
·         Membuat peta konsep tengtang cabang-cabang seni
·         Menjelaskan karya seni rupa terapan daerah setempat ( Banyuwangi ) secara lisan atau tertulis berda sarkan sosial budaya dan klasifikasinya
V.                Materi Pembelajaran
·            Wawasan Seni
·            Pengertian seni rupa
·            Cabang-cabang seni rupa
·            Fugsi seni
·            Seni terapan daerah  ( Banyuwangi )
VI. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

VII.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang manfaat dan tujuan serta pentingnya mereka mempelajari Seni Budaya terutama budaya daerah setempat
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam karya seni murni dan terapan
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi seni terapan daerah ( Banyuwangi )
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara kelompok diberi latihan memecahkan soal tentang apa saja cabang cabang seni baik seni murni ataupun seni terapan dengan cara membuat peta konsep
20 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas mengerjakan soal menyebutkan contoh hasil karya seni terapan yang ada di daerah Kabupaten Banyuwangi
45 menit




Pertemuan kedua

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa memperhatikan penjelasan tentang manfaat dan tujuan menggali dan mengangkat potensi daerah dibidang  Seni Budaya setempat
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan beberapa contoh karya seni terapan daerah Banyuwangi
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang perbedaan bentuk seni terapan berdasarkan fungsi sosial masyarakat
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa berkelompok diberi latihan membuat deskripsi karya seni rupa terapan daerah setempat secara  tertulis berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya
20 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas membuat kliping contoh karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya dari majalah koran atau Internet dirumah
 45 menit




VIII.       Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP SMA dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X – Oleh : Team MGMP Seni Budaya SMA Kab. Banyuwangi
·         Buku sumber Seni Rupa SMA kelas X –Oleh : Team MGMP Seni Budaya SMA Kab. Banyuwangi
·         Peta konsep
·         LCD Proyektor
·         Buku-buku penunjang yang relevan

IX.              Penilaian
§    Latihan I  tugas kelompok
                               1.      Buatlah skema cabang cabang seni serta macam dan  jenisnya.
                               2.      Buatlah deskripsi tentang cabang seni rupa
                               3.      Sebutkan beberapa contoh  jenis seni terapan yang ada disekitar rumahmu.
§    Latihan II tugas individu.
1.      Carilah contoh gambar karya seni rupa terapan yang ada di daerah kabupaten banyuwangi.
2.      Buatlah kliping ( kumpulan gambar ) karya seni rupa baik seni murni maupun seni terapan dari majalah atau internet dan tempelkan di kertas HVS beserta penjelasannya minimal 15 lembar.

Format Penilaian
Tugas kelompok.

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai dengan kelompoknya



Keaktifan mengemukakan pendapat



Kerja sama dalam kelompok



Ketepatan waktu mengumpulkan tugas



Jumlah Nilai




Tugas Individu

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati


Keakuratan jenis karya seni sesuai dengan kelompoknya


Kelengkapan jenis dan cabang seni yang disebutkan


Kebersihan dan kerapian dalam menyusun kliping


Ketepatan waktu mengumpulkan tugas


Jumlah Nilai





Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
A  =  Memuaskan
4
70-79
B  =  Baik
3
60-69
C  =  Cukup
2
45-59
D  =  Kurang
1
0 - 44
E  =  Kurang sekali
0




     Banyuwangi, 13 Juli   2011
           Mengetahui          
Kepala SMA Negeri 1 GIRI                                                          Guru Mata Pelajaran




     Drs. MUJIONO,M.Pd                                                                            RITA DOLARINAI
 NIP. 196206101989031017                                                        NIP. 196402251988032004





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                   :   SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran            :   Seni rupa
Kelas/Semester            :   X/1
Tahun Pelajaran           :   2010 - 2011
Alokasi Waktu            :    4 x 45 menit

I.                   Standar Kompetensi    :                                                                                                    1.  Mengapresiasi karya seni rupa
II.                Kompetensi Dasar       :                                                                                                            1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan   teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
III.             Indikator                     :
No.
Indikator
Nilai Karakter
1
Menyebutkan berbagai macam unsur yang dipakai dalam membuat karya seni rupa murni maupun terapan

2
Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat

3
Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat

4
Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat


IV.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
                       1.          Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
                       2.          Mmenunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat
                       3.          Menyebutkan berbagai macam unsur yang dipakai dalam membuat karya seni rupa Murni maupun Terapan
                       4.          Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
V.                Materi Pembelajaran
·       Unsur – unsur seni rupa
·       Gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah Banyuwangi
·       Media karya seni rupa terapan
·       Apresiasi karya seni rupa terapan
VI.             Metode Pembelajaran
·         Ceramah,
·         Praktik Apresiasi ke tempat pengrajin atau pelukis,
·         Bermain ,
·         Mengerjakan latihan


VII.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang unsur – unsur yang dipakai dalam berkarya seni rupa
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam unsur – unsur seni rupa
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi disain seni rupa
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu diberi latihan membuat komposisi dari berbagai unsur seni rupa
20 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas mencari contoh hasil karya seni murni yang ada di daerah Kabupaten Banyuwangi
45 menit




Pertemuan kedua

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang  manfaat dan tujuan serta pentingnya mereka mengapresiasi Seni Budaya terutama budaya daerah setempat
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengapresiasi karya seni rupa murni dan terapan
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi apresiasi seni murni dan  terapan
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara kelompok diberi latihan mengapresiasi karya seni yang telah dipersiapkan oleh guru berupa foto karya atau reproduksi karya seni terapan
55 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara berkelompok siswa diberi tugas mengapresiasi karya seni murni dan terapan dilingkungan daerah  kabupaten Banyuwangi yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah
10 menit






VIII.       Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X – Oleh : Drs. Purwadi
  • Buku sumber  Seni Rupa SMA & MA kelas X – Oleh : Drs. Purwadi
  • LCD Proyektor
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
IX.             Penilaian

 

Lembar Penilaian Portofolio Kelompok

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Nama Kelompok         : .................................................................................

No.
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik


2.
Kerjasama kelompok


3.
Hasil tugas


Jumlah Nilai Kelompok

Penilaian Individu siswa
1.
Terlibat dalam pengerjaan portofolio


2.
Inisiatif


Jumlah Nilai Individu


Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
A  =  Memuaskan
4
70-79
B  =  Baik
3
60-69
C  =  Cukup
2
45-59
D  =  Kurang cukup
1
0 - 44
E  =  Kurang sekali
0

 

Format Penilaian Apresiasi


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Karya yang di apresiasi


Siswa memiliki foto  hasil karya pengrajin atau seniman Banyuwangi
Keindahan dan kreativitas pada karya


Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
Kandungan unsur budaya


Karya mengandung satu unsur budaya Banyuwangi
Hubungan dan kesesuaian antara  jenis benda dan unsur budaya


Ciri khas budaya dan benda hasil karya berhubungan, sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat karya
Orisinalitas gagasan


Karya seni merupakan hasil buatan sendiri atau tiruan
Jumlah Nilai



Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
A  =  Memuaskan
4
70-79
B  =  Baik
3
60-69
C  =  Cukup
2
45-59
D  =  Kurang cukup
1
0 - 44
E  =  Kurang sekali
0


         Banyuwangi, 13 Juli   2011
           Mengetahui          
Kepala SMA Negeri 1 GIRI                                                          Guru Mata Pelajaran




     Drs. MUJIONO,M.Pd                                                                            RITA DOLARINAI
 NIP. 196206101989031017                                                        NIP. 196402251988032004

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               :    SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran                        :    Seni rupa
Kelas/Semester                        :    X/1
Tahun Pelajaran                       :   2010 - 2011 
Alokasi Waktu                        :   8 x 45 menit

I.                   Standar Kompetensi  :                                                                                                      2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.                Kompetensi Dasar     :                                                                                                    2.1. Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
III.             Idikator                      :
No.
Indikator
Nilai Karakter
1
Membuat gambar Ragam hias daerah Banyuwangi Gajah Oling
Kerja keras
2
Membuat disain gambar perpaduan  rangam hias atau motif daerah Banyuwangi gajah Oling dengan motif lain karangan sendiri sehingga membentuk karya yang baru
Kreatif
3
Membuat disain atau rancangan seni terapan batik yang berfungsi untuk taplak meja dengan motif yang telah dibuat sebelumnya
Kreatif

IV.             Tujuan Pembelajaran
siswa dapat:
·         Membuat gambar Ragam hias daerah Banyuwangi Gajah Oling
·         Membuat disain gambar perpaduan  rangam hias atau motif daerah Banyuwangi gajah Oling dengan motif lain karangan sendiri sehingga membentuk karya yang baru
·         Membuat disain atau rancangan seni terapan batik yang berfungsi untuk taplak meja dengan motif yang telah dibuat sebelumnya
V.                Materi Pembelajaran
·         Merancang gambar atau motif batik kreasi baru dengan dasar motif gajah oling
·         Menggambar Ragam Hias Daerah Banyuwangi
VI.             Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas.









VII.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang gambar Ragam hias Nusantara
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam ragam hias Nusantara
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi disain seni rupa
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu diberi latihan membuat gambar motif gajah oling dgn ditambah gambar motif lain sehingga membentuk motif baru
20 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas mencari contoh motif  batik daerah Kabupaten Banyuwangi dari majalah atau internet
 45 menit




Pertemuan kedua

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi motivasi dan penjelasan ten tang  manfaat dan tujuan serta penting nya mereka membuat disain
10 mnt



Menggali dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mendisain karya seni terapan
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi disain dua dan tiga dimensi
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu mengerjakan tugas membuat gambar disain taplak meja dengan motif batik kreasi baru bercorak banyuwangi
55 menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas untuk membuat warna pada gambar motif batik buatan sendiri untuk pertemuan selanjutnya
10 menit




Pertemuan ketiga

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang percampuran warna
10 mnt



Menggali & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mencampur warna
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi pencampuran warna
10  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu mengerjakan tugas meneruskan tugas membuat pewarnaan pada disain yang telah dibuat dengan memakai warna campuran sendiri
60 menit





Pertemuan keempat

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang  pentingnya mengapresiasi sebuah karya
10 mnt



Menggali & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengapresiasi karya siswa
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya buatannya didepan teman sekelas dan memberi kesempatan teman lain untuk memberikan tanggapan atas karya tersebut
50 menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu memperbaiki disain yang dibuat sesuai saran dan kritik teman sekelas. Dan dilanjutkan dirumah masing masing.
20 menit




E.  Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X -
  • Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – oleh Drs. Piurwadi
  • LCD Proyektor
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Interne
F.  Penilaian
·     Penilaian latihan I

Aspek Penilaian
Kualitatif
Kuantitatif
Siswa dapat membuat karya kreatif



Siswa dapat membuat karya imajinatif



Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika



Karya memiliki fungsi tertentu



Karya memiliki nilai dan makna tertentu




·     Penilaian latihan II

Aspek penilaian
Kualitatif
Kuantitatif
Siswa mampu menemukan situs tentang pusat seni terapan



Siswa menyertakan foto hasil karya seni yang ada di pusat seni tersebut



Siswa mencantumkan nama tempat, daerah.lokasi,  



Siswa menyertakan jenis-jenis barang kesenian yag terdapat di daerah itu



Siswa menyertakan berbagai informasi penting lainnya tentang tempat itu (misalnya workshop seni yang pernah diadakan di sana, pameran terakhir, bazar, dan lain-lain)




·     Penilaian latihan III

Aspek penilaian
Kualitatif
Kuantitatif
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang  kreatif



Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang  imajinatif



Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika



Karya memiliki fungsi tertentu



Karya memiliki nilai dan makna tertentu dengan tampilan warna yang bervariasi





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



       Banyuwangi, 13 Juli   2011
           Mengetahui          
Kepala SMA Negeri 1 GIRI                                                          Guru Mata Pelajaran



     Drs. MUJIONO,M.Pd                                                                            RITA DOLARINAI
 NIP. 196206101989031017                                                        NIP. 196402251988032004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               :    SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran                        :    Seni rupa
Kelas/Semester                        :    X/1
Tahun Pelajaran                       :   2010 - 2011 
Alokasi Waktu                        :   10 x 45 menit

I.                   Standar Kompetensi  :                                                                                                      2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.                Kompetensi Dasar     :                                                                                                    2.2. Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah se tempat
III.             Idikator                      :
No.
Indikator
Nilai Karakter
1
Menentukan asal karya senirupa yang diamati
Rasa ingin tahu
2
Menjelaskan ciri-ciri dan unsur utama (kekhasan) tradisional dan senirupa modern/kontemporer.
Kerja keras
3
Menyimpulkan fungsi sosial budaya karya senirupa tradisional dan modern bagi masyarakat.
Kreatif

·         Menyiapkan alat dan bahan untuk membatik
·         Membuat sketsa gambar pada kain untuk di batik
·         Membuat gambar dengan tehnik nglowong
·         Membuat tehnik pewarnaan pada kain batik dengan menggunakan pewarna batik Remasol
·         Menghilangkan malam yang menempel pada kain
IV.             Tujuan Pembelajaran
siswa dapat:
·         Menyiapkan alat dan bahan untuk membatik
·         Membuat sketsa gambar pada kain untuk di batik
·         Membuat gambar dengan tehnik nglowong
·         Membuat tehnik pewarnaan pada kain batik dengan menggunakan pewarna batik Remasol
·         Menghilangkan malam yang menempel pada kain
V.                Materi Pembelajaran
·         Membuat batik
VI.             Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas.


VII.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan alat dan bahan untuk membatik
10 mnt



Menggali & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan contoh alat dan bahan yang bisa digunakan untuk membatik
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi membatik
5  menit



Memecahkan masalah & bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk menyiapkan alat dan bahan untuk membatik  

20 menit



Mengambil keputusan & potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas membuat gambar sketsa pada kain yang akan dibatik dengan cara mengcopy gambar yang sudah dibuat sebelumnya
45 menit





Pertemuan kedua

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang  cara nglowong
10 mnt



Menggali  & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara nglowong
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi nglowong
5  mnt



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu mengerjakan tugas nglowong  motif batik kreasi baru bercorak banyuwangi buatan sendiri
20 mnt



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas untuk menyiapkan pewarna batik buatan sendiri untuk pertemuan selanjutnya
45 mnt






Pertemuan ketiga

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang percampuran warna dengan menggunakan pewarna batik Remasol
10 mnt



Menggali & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mencampur warna dgn pewarna batik remasol
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi pencampuran warna dengan pewarna batik Remasol
5  mnt



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu mengerjakan tugas memberi warna pada kain batik buatan sendiri dengan menggunakan pewarna Remasol
20 mnt



Mengambil keputusan dan potensi diri
5. Tahap Penugasan
Secara individual siswa diberi tugas untuk memberikan bahan untuk mematikan warna dengan menggunakan waterglass untuk pertemuan selanjutnya
45 mnt





Pertemuan keempat

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang  cara membersihkan malam yang menempel pada kain
10 mnt



Menggali Informasi dan mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara membersihkan malam dari kain
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi nglorod
5  menit



Mengambil keputusan dan potensi diri
4. Tahap Penugasan
Siswa secara individu mempraktekan tahap terakhir dari proses batik
 65 menit







Pertemuan kelima

Pengalaman belajar
Strategi Proses pembelajaran
Waktu
Karakter
Terlak sana
Tidak
Respon awal
1. Tahap Penjelasan
Siswa diberi penjelasan tentang  proses finising seni terapan daerah setempat
10 mnt



Menggali & mengolah informasi
2. Tahap peragaan
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses finising seni terapan daerah setempat
10 mnt



Komunikasi lisan
3. Tahap Tanya jawab
Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang proses finising seni terapan daerah setempat
5  menit



Memecahkan masalah dan bekerja sama
4. Tahap latihan
Siswa secara individu mempraktekan tahap terakhir dari proses pembuatan karya seni terapan daerah setempat
20 mnt



Mengambil keputusan & potensi diri
5. Tahap Penugasan
Siswa mengerjakan tugas penyelesaian akhir karya yang telah dibuat
45 mnt




E.  Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X -
  • Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – oleh Drs. Piurwadi
  • LCD Proyektor
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
F.  Penilaian
·     Penilaian latihan I

Aspek Penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Siswa dapat membuat sketsa karya kreatif



Siswa dapat nglowong dengan rapi



Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika



Karya  bersih dari noda malam yang menempel tak beraturan



Karya memiliki nilai dan makna tertentu




·     Penilaian latihan II

Aspek penilaian
Kualitatif
Kuantitatif
Siswa mampu menemukan situs tentang pusat seni terapan



Siswa menyertakan foto hasil karya seni yang ada di pusat seni tsb



Siswa mencantumkan nama tempat, daerah.lokasi,  



Siswa menyertakan jenis-jenis barang kesenian yag terdapat di daerah itu



Siswa menyertakan berbagai informasi penting lainnya tentang tempat itu (misalnya workshop seni yang pernah diadakan di sana, pameran terakhir, bazar, dan lain-lain)




·     Penilaian latihan III

Aspek penilaian
Kualitatif
Kuantitatif
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang  kreatif



Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang  imajinatif



Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika



Karya memiliki fungsi tertentu



Karya memiliki nilai dan makna tertentu dengan tampilan warna yang bervariasi





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1




       Banyuwangi, 13 Juli   2011
           Mengetahui          
Kepala SMA Negeri 1 GIRI                                                          Guru Mata Pelajaran




     Drs. MUJIONO,M.Pd                                                                            RITA DOLARINAI
 NIP. 196206101989031017                                                        NIP. 196402251988032004