RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : X/1
Tahun : 2010 – 2011
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasn teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
III. Indikator
No. | Indikator | Nilai Karakter |
1 | Mendeskripsikan pengertian seni | Rasa ingin tahu |
2 | Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat secara lisan/tertulis berdasar kan sejarahnya | Kerja keras |
3 | Membuat peta konsep tentang cabang-cabang seni | Kreatif |
4 | Menjelaskan karya seni terapan daerah setempat berdasarkan fungsi | |
5 | Membedakan bentuk-bentuk seni rupa terapan daerah berdasarkan sosial masyarakat | |
6 | Menjelaskan karya seni rupa terapan daerah setempat ( Banyuwangi ) secara lisan atau tertulis berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya | |
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
· Mendeskripsikan pengertian seni
· Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat secara lisan/tertulis berdasar kan sejarahnya
· Membuat peta konsep tengtang cabang-cabang seni
· Menjelaskan karya seni rupa terapan daerah setempat ( Banyuwangi ) secara lisan atau tertulis berda sarkan sosial budaya dan klasifikasinya
V. Materi Pembelajaran
· Wawasan Seni
· Pengertian seni rupa
· Cabang-cabang seni rupa
· Fugsi seni
· Seni terapan daerah ( Banyuwangi )
VI. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang manfaat dan tujuan serta pentingnya mereka mempelajari Seni Budaya terutama budaya daerah setempat | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam karya seni murni dan terapan | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi seni terapan daerah ( Banyuwangi ) | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara kelompok diberi latihan memecahkan soal tentang apa saja cabang cabang seni baik seni murni ataupun seni terapan dengan cara membuat peta konsep | 20 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas mengerjakan soal menyebutkan contoh hasil karya seni terapan yang ada di daerah Kabupaten Banyuwangi | 45 menit | | | |
Pertemuan kedua
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa memperhatikan penjelasan tentang manfaat dan tujuan menggali dan mengangkat potensi daerah dibidang Seni Budaya setempat | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan beberapa contoh karya seni terapan daerah Banyuwangi | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang perbedaan bentuk seni terapan berdasarkan fungsi sosial masyarakat | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa berkelompok diberi latihan membuat deskripsi karya seni rupa terapan daerah setempat secara tertulis berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya | 20 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas membuat kliping contoh karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya dari majalah koran atau Internet dirumah | 45 menit | | | |
VIII. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP SMA dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X – Oleh : Team MGMP Seni Budaya SMA Kab. Banyuwangi
· Buku sumber Seni Rupa SMA kelas X –Oleh : Team MGMP Seni Budaya SMA Kab. Banyuwangi
· Peta konsep
· LCD Proyektor
· Buku-buku penunjang yang relevan
IX. Penilaian
§ Latihan I tugas kelompok
1. Buatlah skema cabang cabang seni serta macam dan jenisnya.
2. Buatlah deskripsi tentang cabang seni rupa
3. Sebutkan beberapa contoh jenis seni terapan yang ada disekitar rumahmu.
§ Latihan II tugas individu.
1. Carilah contoh gambar karya seni rupa terapan yang ada di daerah kabupaten banyuwangi.
2. Buatlah kliping ( kumpulan gambar ) karya seni rupa baik seni murni maupun seni terapan dari majalah atau internet dan tempelkan di kertas HVS beserta penjelasannya minimal 15 lembar.
Format Penilaian
Tugas kelompok.
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai dengan kelompoknya | | | |
Keaktifan mengemukakan pendapat | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | |
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Tugas Individu
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai dengan kelompoknya | | |
Kelengkapan jenis dan cabang seni yang disebutkan | | |
Kebersihan dan kerapian dalam menyusun kliping | | |
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas | | |
Jumlah Nilai | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | A = Memuaskan | 4 |
70-79 | B = Baik | 3 |
60-69 | C = Cukup | 2 |
45-59 | D = Kurang | 1 |
0 - 44 | E = Kurang sekali | 0 |
Banyuwangi, 13 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 GIRI Guru Mata Pelajaran
Drs. MUJIONO,M.Pd RITA DOLARINAI
NIP. 196206101989031017 NIP. 196402251988032004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2010 - 2011
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
III. Indikator :
No. | Indikator | Nilai Karakter |
1 | Menyebutkan berbagai macam unsur yang dipakai dalam membuat karya seni rupa murni maupun terapan | |
2 | Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat | |
3 | Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat | |
4 | Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat | |
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Mmenunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat
3. Menyebutkan berbagai macam unsur yang dipakai dalam membuat karya seni rupa Murni maupun Terapan
4. Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
V. Materi Pembelajaran
· Unsur – unsur seni rupa
· Gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah Banyuwangi
· Media karya seni rupa terapan
· Apresiasi karya seni rupa terapan
VI. Metode Pembelajaran
· Ceramah,
· Praktik Apresiasi ke tempat pengrajin atau pelukis,
· Bermain ,
· Mengerjakan latihan
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang unsur – unsur yang dipakai dalam berkarya seni rupa | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam unsur – unsur seni rupa | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi disain seni rupa | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu diberi latihan membuat komposisi dari berbagai unsur seni rupa | 20 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas mencari contoh hasil karya seni murni yang ada di daerah Kabupaten Banyuwangi | 45 menit | | | |
Pertemuan kedua
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang manfaat dan tujuan serta pentingnya mereka mengapresiasi Seni Budaya terutama budaya daerah setempat | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengapresiasi karya seni rupa murni dan terapan | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi apresiasi seni murni dan terapan | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara kelompok diberi latihan mengapresiasi karya seni yang telah dipersiapkan oleh guru berupa foto karya atau reproduksi karya seni terapan | 55 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara berkelompok siswa diberi tugas mengapresiasi karya seni murni dan terapan dilingkungan daerah kabupaten Banyuwangi yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah | 10 menit | | | |
VIII. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X – Oleh : Drs. Purwadi
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – Oleh : Drs. Purwadi
- LCD Proyektor
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
IX. Penilaian
Lembar Penilaian Portofolio Kelompok
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Nama Kelompok : .................................................................................
No. | Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | |||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | |
2. | Kerjasama kelompok | | |
3. | Hasil tugas | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | ||
Penilaian Individu siswa | |||
1. | Terlibat dalam pengerjaan portofolio | | |
2. | Inisiatif | | |
Jumlah Nilai Individu | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | A = Memuaskan | 4 |
70-79 | B = Baik | 3 |
60-69 | C = Cukup | 2 |
45-59 | D = Kurang cukup | 1 |
0 - 44 | E = Kurang sekali | 0 |
Format Penilaian Apresiasi
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi |
Karya yang di apresiasi | | | Siswa memiliki foto hasil karya pengrajin atau seniman Banyuwangi |
Keindahan dan kreativitas pada karya | | | Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya |
Kandungan unsur budaya | | | Karya mengandung satu unsur budaya Banyuwangi |
Hubungan dan kesesuaian antara jenis benda dan unsur budaya | | | Ciri khas budaya dan benda hasil karya berhubungan, sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat karya |
Orisinalitas gagasan | | | Karya seni merupakan hasil buatan sendiri atau tiruan |
Jumlah Nilai | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | A = Memuaskan | 4 |
70-79 | B = Baik | 3 |
60-69 | C = Cukup | 2 |
45-59 | D = Kurang cukup | 1 |
0 - 44 | E = Kurang sekali | 0 |
Banyuwangi, 13 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 GIRI Guru Mata Pelajaran
Drs. MUJIONO,M.Pd RITA DOLARINAI
NIP. 196206101989031017 NIP. 196402251988032004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2010 - 2011
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 2.1. Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
III. Idikator :
No. | Indikator | Nilai Karakter |
1 | Membuat gambar Ragam hias daerah Banyuwangi Gajah Oling | Kerja keras |
2 | Membuat disain gambar perpaduan rangam hias atau motif daerah Banyuwangi gajah Oling dengan motif lain karangan sendiri sehingga membentuk karya yang baru | Kreatif |
3 | Membuat disain atau rancangan seni terapan batik yang berfungsi untuk taplak meja dengan motif yang telah dibuat sebelumnya | Kreatif |
IV. Tujuan Pembelajaran
siswa dapat:
· Membuat gambar Ragam hias daerah Banyuwangi Gajah Oling
· Membuat disain gambar perpaduan rangam hias atau motif daerah Banyuwangi gajah Oling dengan motif lain karangan sendiri sehingga membentuk karya yang baru
· Membuat disain atau rancangan seni terapan batik yang berfungsi untuk taplak meja dengan motif yang telah dibuat sebelumnya
V. Materi Pembelajaran
· Merancang gambar atau motif batik kreasi baru dengan dasar motif gajah oling
· Menggambar Ragam Hias Daerah Banyuwangi
VI. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas.
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang gambar Ragam hias Nusantara | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan berbagai contoh jenis dan macam ragam hias Nusantara | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi disain seni rupa | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu diberi latihan membuat gambar motif gajah oling dgn ditambah gambar motif lain sehingga membentuk motif baru | 20 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas mencari contoh motif batik daerah Kabupaten Banyuwangi dari majalah atau internet | 45 menit | | | |
Pertemuan kedua
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi motivasi dan penjelasan ten tang manfaat dan tujuan serta penting nya mereka membuat disain | 10 mnt | | | |
Menggali dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mendisain karya seni terapan | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi disain dua dan tiga dimensi | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu mengerjakan tugas membuat gambar disain taplak meja dengan motif batik kreasi baru bercorak banyuwangi | 55 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas untuk membuat warna pada gambar motif batik buatan sendiri untuk pertemuan selanjutnya | 10 menit | | | |
Pertemuan ketiga
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang percampuran warna | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mencampur warna | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menja wab tentang materi pencampuran warna | 10 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu mengerjakan tugas meneruskan tugas membuat pewarnaan pada disain yang telah dibuat dengan memakai warna campuran sendiri | 60 menit | | | |
Pertemuan keempat
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang pentingnya mengapresiasi sebuah karya | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengapresiasi karya siswa | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya buatannya didepan teman sekelas dan memberi kesempatan teman lain untuk memberikan tanggapan atas karya tersebut | 50 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu memperbaiki disain yang dibuat sesuai saran dan kritik teman sekelas. Dan dilanjutkan dirumah masing masing. | 20 menit | | | |
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X -
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – oleh Drs. Piurwadi
- LCD Proyektor
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Interne
F. Penilaian
· Penilaian latihan I
Aspek Penilaian | Kualitatif | Kuantitatif | |
Siswa dapat membuat karya kreatif | | | |
Siswa dapat membuat karya imajinatif | | | |
Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika | | | |
Karya memiliki fungsi tertentu | | | |
Karya memiliki nilai dan makna tertentu | | | |
· Penilaian latihan II
Aspek penilaian | Kualitatif | Kuantitatif | |
Siswa mampu menemukan situs tentang pusat seni terapan | | | |
Siswa menyertakan foto hasil karya seni yang ada di pusat seni tersebut | | | |
Siswa mencantumkan nama tempat, daerah.lokasi, | | | |
Siswa menyertakan jenis-jenis barang kesenian yag terdapat di daerah itu | | | |
Siswa menyertakan berbagai informasi penting lainnya tentang tempat itu (misalnya workshop seni yang pernah diadakan di | | | |
· Penilaian latihan III
Aspek penilaian | Kualitatif | Kuantitatif | |
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang kreatif | | | |
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang imajinatif | | | |
Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika | | | |
Karya memiliki fungsi tertentu | | | |
Karya memiliki nilai dan makna tertentu dengan tampilan warna yang bervariasi | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Banyuwangi, 13 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 GIRI Guru Mata Pelajaran
Drs. MUJIONO,M.Pd RITA DOLARINAI
NIP. 196206101989031017 NIP. 196402251988032004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : SMA NEGERI 1 GIRI
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2010 - 2011
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 2.2. Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah se tempat
III. Idikator :
No. | Indikator | Nilai Karakter |
1 | Menentukan asal karya senirupa yang diamati | Rasa ingin tahu |
2 | Menjelaskan ciri-ciri dan unsur utama (kekhasan) tradisional dan senirupa modern/kontemporer. | Kerja keras |
3 | Menyimpulkan fungsi sosial budaya karya senirupa tradisional dan modern bagi masyarakat. | Kreatif |
· Menyiapkan alat dan bahan untuk membatik
· Membuat sketsa gambar pada kain untuk di batik
· Membuat gambar dengan tehnik nglowong
· Membuat tehnik pewarnaan pada kain batik dengan menggunakan pewarna batik Remasol
· Menghilangkan malam yang menempel pada kain
IV. Tujuan Pembelajaran
siswa dapat:
· Menyiapkan alat dan bahan untuk membatik
· Membuat sketsa gambar pada kain untuk di batik
· Membuat gambar dengan tehnik nglowong
· Membuat tehnik pewarnaan pada kain batik dengan menggunakan pewarna batik Remasol
· Menghilangkan malam yang menempel pada kain
V. Materi Pembelajaran
· Membuat batik
VI. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas.
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan alat dan bahan untuk membatik | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan contoh alat dan bahan yang bisa digunakan untuk membatik | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menjawab tentang materi membatik | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah & bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk menyiapkan alat dan bahan untuk membatik | 20 menit | | | |
Mengambil keputusan & potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas membuat gambar sketsa pada kain yang akan dibatik dengan cara mengcopy gambar yang sudah dibuat sebelumnya | 45 menit | | | |
Pertemuan kedua
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi motivasi dan penjelasan tentang cara nglowong | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara nglowong | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi nglowong | 5 mnt | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu mengerjakan tugas nglowong motif batik kreasi baru bercorak banyuwangi buatan sendiri | 20 mnt | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas untuk menyiapkan pewarna batik buatan sendiri untuk pertemuan selanjutnya | 45 mnt | | | |
Pertemuan ketiga
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang percampuran warna dengan menggunakan pewarna batik Remasol | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mencampur warna dgn pewarna batik remasol | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi pencampuran warna dengan pewarna batik Remasol | 5 mnt | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu mengerjakan tugas memberi warna pada kain batik buatan sendiri dengan menggunakan pewarna Remasol | 20 mnt | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 5. Tahap Penugasan Secara individual siswa diberi tugas untuk memberikan bahan untuk mematikan warna dengan menggunakan waterglass untuk pertemuan selanjutnya | 45 mnt | | | |
Pertemuan keempat
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang cara membersihkan malam yang menempel pada kain | 10 mnt | | | |
Menggali Informasi dan mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara membersihkan malam dari kain | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang materi nglorod | 5 menit | | | |
Mengambil keputusan dan potensi diri | 4. Tahap Penugasan Siswa secara individu mempraktekan tahap terakhir dari proses batik | 65 menit | | | |
Pertemuan kelima
Pengalaman belajar | Strategi Proses pembelajaran | Waktu | Karakter | Terlak sana | Tidak |
Respon awal | 1. Tahap Penjelasan Siswa diberi penjelasan tentang proses finising seni terapan daerah setempat | 10 mnt | | | |
Menggali & mengolah informasi | 2. Tahap peragaan Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses finising seni terapan daerah setempat | 10 mnt | | | |
Komunikasi lisan | 3. Tahap Tanya jawab Siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab tentang proses finising seni terapan daerah setempat | 5 menit | | | |
Memecahkan masalah dan bekerja sama | 4. Tahap latihan Siswa secara individu mempraktekan tahap terakhir dari proses pembuatan karya seni terapan daerah setempat | 20 mnt | | | |
Mengambil keputusan & potensi diri | 5. Tahap Penugasan Siswa mengerjakan tugas penyelesaian akhir karya yang telah dibuat | 45 mnt | | | |
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X -
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – oleh Drs. Piurwadi
- LCD Proyektor
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Penilaian latihan I
Aspek Penilaian | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Siswa dapat membuat sketsa karya kreatif | | | |
Siswa dapat nglowong dengan rapi | | | |
Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika | | | |
Karya bersih dari noda malam yang menempel tak beraturan | | | |
Karya memiliki nilai dan makna tertentu | | | |
· Penilaian latihan II
Aspek penilaian | Kualitatif | Kuantitatif | |
Siswa mampu menemukan situs tentang pusat seni terapan | | | |
Siswa menyertakan foto hasil karya seni yang ada di pusat seni tsb | | | |
Siswa mencantumkan nama tempat, daerah.lokasi, | | | |
Siswa menyertakan jenis-jenis barang kesenian yag terdapat di daerah itu | | | |
Siswa menyertakan berbagai informasi penting lainnya tentang tempat itu (misalnya workshop seni yang pernah diadakan di | | | |
· Penilaian latihan III
Aspek penilaian | Kualitatif | Kuantitatif | |
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang kreatif | | | |
Siswa dapat membuat karya dgn corak warna yang imajinatif | | | |
Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika | | | |
Karya memiliki fungsi tertentu | | | |
Karya memiliki nilai dan makna tertentu dengan tampilan warna yang bervariasi | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Banyuwangi, 13 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 GIRI Guru Mata Pelajaran
Drs. MUJIONO,M.Pd RITA DOLARINAI
NIP. 196206101989031017 NIP. 196402251988032004